Langsung ke konten utama

Cara Mudah Membaut Landing Page Dengan Web Page Google Site

Cara Mudah Membaut Landing Page Dengan Web Page Google Site

Myraku.com - Membuat landing page dengan Google Sites sangat mudah dan tidak memerlukan keterampilan pengkodean yang rumit. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat landing page dengan Google Sites

Langkah 1 Akses Google Sites

 Buka Google Sites

   - Buka browser web dan akses Google Sites di [https//sites.google.com/](https//sites.google.com/).

Buka Google Sites


Login ke Akun Google Anda

   - Pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda. Jika belum, login atau buat akun baru.


Langkah 2 Mulai Proyek Baru

Mulai Proyek Baru


Buat Situs Baru

   - Klik tombol "+ Create" atau "Buat Situs Baru" untuk memulai proyek baru.


Pilih Template atau Kosong

   - Anda dapat memilih template yang disediakan oleh Google atau memulai dengan situs kosong. Untuk landing page, situs kosong seringkali lebih fleksibel.


Langkah 3 Desain dan Edit Halaman

Mulai Edit Page Google Site


Tambahkan Judul dan Header

   - Klik di area judul untuk menambahkan judul landing page Anda. Atur header sesuai kebutuhan.

Tambahkan Konten

   - Klik tombol "+", lalu pilih elemen untuk ditambahkan, seperti teks, gambar, atau video. Sesuaikan kontennya sesuai keinginan Anda.

Atur Tata Letak

   - Gunakan opsi "Insert" di bagian atas untuk menambahkan bagian-bagian seperti galeri, kolom, atau formulir. Sesuaikan tata letak sehingga sesuai dengan tujuan landing page Anda.

Tambahkan Tombol Panggilan Tindakan (Call to Action - CTA)

   - Tambahkan tombol CTA yang menarik perhatian pengunjung dan mendorong tindakan. Klik "+", pilih "Button," dan sesuaikan teks dan tautan.

 Atur Warna dan Tema

   - Klik pada ikon warna (cat) di bagian kanan atas untuk mengganti warna dan tema situs. Sesuaikan dengan identitas merek atau tema yang diinginkan.

Langkah 4 Setel Pengaturan

Atur Pengaturan Situs

    - Klik pada ikon pengaturan (pengaturan roda gigi) untuk mengakses pengaturan situs. Atur URL situs, izin akses, dan pengaturan lainnya.

Langkah 5 Publikasikan Landing Page

 Pratinjau dan Publikasikan

    - Klik tombol "Preview" untuk melihat pratinjau landing page Anda. Jika semuanya sudah sesuai, klik tombol "Publish" untuk mempublikasikan landing page.

Konfirmasi Publikasi

    - Pilih opsi untuk konfirmasi publikasi dan klik "Publish" lagi.

Langkah 6 Bagikan dan Sebarkan

Bagikan URL Landing Page

    - Setelah dipublikasikan, bagikan URL landing page kepada pengguna yang ditargetkan. Anda juga dapat menyematkan atau membagikannya melalui media sosial.

Tips Tambahan

- Periksa Ketersediaan Domain (Opsional)

  - Jika Anda memiliki domain yang ingin digunakan untuk landing page, pertimbangkan untuk menautkannya ke situs Google Anda. Google menyediakan opsi untuk menyesuaikan domain pada pengaturan situs.

cara meningkatkan trafik blog dengan landing page

- Optimalkan untuk Responsif

  - Pastikan landing page Anda dioptimalkan untuk tampilan yang responsif di berbagai perangkat, termasuk ponsel dan tablet.

Optimasi Google Sites dari segi tema dan rancangan

Optimasi Google Sites adalah proses memastikan bahwa situs web Anda di Google Sites berfungsi dengan baik, terlihat profesional, dan ramah pengguna. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan situs web Anda di Google Sites:


1. Pilih Tema yang Sesuai:

   - Pilih tema yang sesuai dengan tujuan situs Anda. Pertimbangkan faktor seperti tata letak, warna, dan gaya yang mendukung konten yang akan Anda bagikan.


2. Rancang Tata Letak yang Bersih:

   - Gunakan tata letak yang bersih dan mudah dinavigasi. Pastikan elemen situs, seperti menu navigasi, judul, dan konten, ditempatkan dengan logis dan mudah diakses oleh pengunjung.


3. Responsif untuk Semua Perangkat:

   - Pastikan situs Anda responsif dan dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar, tablet, dan desktop. Google Sites secara otomatis mendukung responsivitas, namun periksa tampilan pada berbagai perangkat untuk memastikan keterbacaan yang optimal.


4. Optimalkan Gambar dan Media:

   - Kompres gambar dan media Anda agar tidak memperlambat waktu muat halaman. Pastikan ukuran file media tidak terlalu besar untuk mengoptimalkan kinerja situs.


5. Pertimbangkan Penggunaan Header dan Footer:

   - Gunakan header dan footer untuk menyajikan informasi penting dan menambahkan elemen konsistensi ke situs Anda, seperti logo atau tautan ke halaman-halaman utama.


6. Gunakan Tautan Internal dan Eksternal:

   - Tautkan halaman-halaman Anda secara internal untuk membuat navigasi mudah dan membantu pengguna menemukan konten yang relevan. Selain itu, tautkan ke sumber daya eksternal yang mendukung informasi yang Anda bagikan.


7. Perhatikan SEO:

   - Gunakan judul halaman, deskripsi, dan kata kunci yang relevan untuk membantu mesin pencari memahami konten situs Anda. Ini membantu meningkatkan visibilitas situs Anda dalam hasil pencarian.


8. Gunakan Struktur Halaman yang Jelas:

   - Pisahkan konten ke dalam bagian-bagian yang jelas dengan menggunakan berbagai elemen dan widget yang tersedia di Google Sites, seperti teks, gambar, video, dan formulir.


9. Tambahkan Konten Berkualitas:

   - Pastikan konten Anda informatif, relevan, dan menarik. Gunakan teks yang mudah dimengerti, dan pertimbangkan untuk menyertakan elemen visual seperti gambar atau video untuk mendukung pesan Anda.


10. Gunakan Widget dan Alat Bantu:

    - Google Sites menyediakan berbagai widget dan alat bantu yang dapat meningkatkan fungsionalitas situs Anda. Contohnya termasuk formulir, peta, dan kalender. Manfaatkan alat ini untuk menyesuaikan situs Anda sesuai kebutuhan.


11. Integrasi dengan Google Workspace:

    - Jika Anda menggunakan Google Workspace, pertimbangkan untuk mengintegrasikan berbagai alat dan aplikasi Google seperti Google Forms, Google Calendar, atau Google Drive untuk meningkatkan kolaborasi dan fungsionalitas situs.


12. Pantau Analisis dan Kinerja:

    - Gunakan alat analisis yang disediakan oleh Google Sites atau tambahkan alat analisis eksternal untuk memantau kinerja situs Anda. Ini dapat memberikan wawasan tentang lalu lintas, perilaku pengguna, dan area untuk perbaikan.


13. Sertakan Tautan Sosial Media:

    - Jika Anda memiliki kehadiran di media sosial, sertakan tautan ke profil sosial media Anda. Ini memungkinkan pengunjung untuk terhubung dengan Anda di platform lain.


Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda di Google Sites agar lebih profesional, responsif, dan efektif dalam menyampaikan informasi kepada pengunjung.

cara meningkatkan trafik blog dengan landing page

Meningkatkan lalu lintas blog menggunakan landing page melibatkan serangkaian strategi untuk menarik pengunjung dan mendorong interaksi lebih lanjut. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan trafik blog Anda melalui pengoptimalan landing page

1. Tujuan Landing Page yang Jelas

   - Pastikan landing page memiliki tujuan yang jelas, seperti mengumpulkan email, mempromosikan produk, atau mengarahkan pengunjung ke artikel terkait. Fokus pada satu tujuan untuk mencegah kebingungan.

2. Penawaran Bernilai Tinggi

   - Sediakan penawaran yang bernilai tinggi untuk pengunjung sebagai insentif untuk berinteraksi. Ini bisa berupa konten eksklusif, diskon, atau unduhan gratis yang relevan dengan topik blog Anda.

3. Optimalkan Desain dan Tata Letak

   - Pastikan desain landing page bersih, menarik, dan mudah dinavigasi. Gunakan judul yang menarik, gambar yang relevan, dan elemen visual untuk menyoroti tawaran Anda.

4. Tautan CTA (Call-to-Action) yang Menarik

   - Gunakan CTA yang jelas dan menarik untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Pastikan CTA terlihat dengan jelas dan memiliki teks yang menginspirasi tindakan.

5. Penyesuaian dengan Target Audience

   - Landing page harus sesuai dengan kebutuhan dan minat target audiens Anda. Perhatikan bahasa, gambar, dan penawaran yang akan menarik mereka secara khusus.

6. Uji A/B (Split) untuk Optimalisasi

   - Lakukan uji A/B pada elemen landing page, seperti judul, teks, dan warna tombol CTA. Ini membantu Anda mengidentifikasi elemen yang paling efektif untuk meningkatkan konversi.

7. Optimalkan untuk SEO

   - Jika landing page dapat diindeks oleh mesin pencari, optimalkan untuk SEO dengan menggunakan judul yang relevan, meta deskripsi, dan kata kunci yang sesuai dengan topik atau penawaran Anda.

8. Responsif untuk Semua Perangkat

   - Pastikan landing page responsif untuk semua perangkat, termasuk ponsel pintar dan tablet. Pengalaman pengguna yang baik pada berbagai perangkat dapat meningkatkan tingkat konversi.

9. Gunakan Formulir Opt-in

   - Jika tujuan landing page adalah mengumpulkan email, gunakan formulir opt-in yang singkat dan mudah diisi. Jelaskan manfaat mendaftar dan tetapkan ekspektasi kepada pengunjung.

10. Buat Konten Menarik

    - Konten landing page harus menarik dan sesuai dengan topik atau produk yang Anda promosikan. Tekankan manfaat yang akan diperoleh pengunjung.

11. Gunakan Pemasaran Konten

    - Gunakan strategi pemasaran konten untuk mempromosikan landing page. Bagikan tautan ke landing page melalui media sosial, email, dan artikel blog.

12. Pertimbangkan Penggunaan Video

    - Penggunaan video dapat meningkatkan keterlibatan. Gunakan video yang relevan untuk menjelaskan penawaran atau memberikan informasi yang bernilai.

13. Analisis dan Pantau Kinerja

    - Pantau kinerja landing page menggunakan alat analisis web. Identifikasi sumber trafik, tingkat konversi, dan elemen landing page yang dapat ditingkatkan.

14. Pentingnya Kontinuitas dengan Blog

    - Pastikan bahwa isi landing page konsisten dengan isi blog Anda. Ini membantu memastikan bahwa pengunjung yang datang dari landing page tetap tertarik dengan konten blog Anda.

15. Gunakan Tautan Internal dan Eksternal

    - Tautkan landing page dari artikel blog terkait dan dari sumber eksternal yang relevan. Ini dapat membantu meningkatkan otoritas dan rangking SEO landing page.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat meningkatkan efektivitas landing page Anda dalam menarik dan mempertahankan lalu lintas blog yang lebih tinggi.


- Pantau Analitik

  - Jika memungkinkan, gunakan alat analitik, seperti Google Analytics, untuk memantau kinerja landing page Anda dan mendapatkan wawasan tentang perilaku pengunjung.

Membuat Landing Page di Google SitesContoh Landing page  https//sites.google.com/view/myrakucom
Menggunakan Google Sites adalah cara yang efisien dan ramah pengguna untuk membuat landing page tanpa memerlukan pengetahuan khusus dalam pengembangan web. Ikuti langkah-langkah di atas, dan Anda akan memiliki landing page yang dapat diakses dengan mudah dan menarik bagi pengunjung.

Komentar